Sepeda Motor “Monkey” Rasa Pasuruan



Jakarta, KompasOtomotif – Ragam sepeda motor yg beredar cukup banyak modelnya, akan dari sport, bebek, Skutik,  atau juga yg milik ukuran besar dan kecil. Tentu masing-masing model mewakili keinginan para biker.


Bagi yg gemar kendaraan roda beberapa berukuran mini atau kecil, “Monkey” dan “Gorilla” ini mungkin dapat jadi pilihan. Produk bermerek Gazgas yang berasal Pasuruan ini, milik tampilan hampir serupa dengan “Monkey Bike” milik  Honda, yg lahir pada 1960-an.


“Sepeda motor ini komponennya berasal dari Thailand 75 persen dan Cina 25 persen, sementara perakitannya ada di Pasuruan, Jawa Tmur,” kat Dimas Arianto, pemilik dari toko aksesori dan modifikasi Kelontong Motor Jadoel (KMJ) yg berlokasi di Jalan Lio, Gang Masuk SMP 90 Jakarta Timur, kepada KompasOtomotif, Kamis (30/6/2016).  


Dimas mengatakan, dirinya tertarik bagi ikut memasarkan, lantaran produk ini unik dan menarik, dan dirasa banyak yg mulai berminat. Lebih dari itu juga, sepeda motor mini ini telah dilengkapi dengan surat-surat yg resmi (STNK dan BPKB).


“Jadi tak perlu khawatir mulai ditilang seandainya di bawa di jalan raya, karena telah diuji tipe dan memiliki STNK. Harga yg dibanderol bagi Mongkey Rp 13 juta, sementara Gorila Rp 13,5 juta, ini yaitu harga off the road. Kalau ingin sekaligus surat-surat, tambah Rp 2 juta. Mendapatkan garansi 1 tahun,” ujar Dimas.


Gorila dan Mongkey cuma berbeda pada desain dan kapasitas tanki. Jika Gorila 6 liter sementara Mongkey hanya, 4,5 liter. Perbedaan yang lain merupakan pada bentuk jok dan bagian belakang sepeda motor.


Dimensi


Panjang x Lebar x Tinggi : 1355 x 600 x 860 mm


Jarak Sumbu Roda : 900 mm


Jarak Mesin ke Tanah : 120 mm


Berat Kosong : 64 kg


 


Rangka


Tipe Rangka : Pipa tulang punggung


Tipe Suspensi Depan : Teleskopik


Tipe Suspensi Belakang : Lengan ayun & peredam kejut ganda


Ukuran Ban Depan : 3.50 - 10"


Ukuran Ban Belakang : 3.50 - 10"


Rem Depan : Cakram


Rem Belakang : Tromol


 


Mesin


Gigi Transmisi : 4 kecepatan


Tipe Mesin : 4 langkah


Volume Langkah : 107 cc


Perbandingan Kompresi : 9,0 : 1


Daya Maksimum : 6,16tk @7500 Rpm


Torsi Maksimum : 7,2 Nm @4500 Rpm


Kopling : Manual / Otomatis


Starter : Pedal dan elektrik



Sumber:
http://otomotif.kompas.com/read/2016/07/01/030100915/Sepeda.Motor.Monkey.Rasa.Pasuruan