Kalahkan Malaysia, Indonesia Juara Grup




BANGKOK, Kompas.com - Tim junior Indonesia sukses memetik kemenangan pada laga penyisihan grup terakhir melawan Malaysia, di Asian Junior Championships 2016. Indonesia menang 4-1 dari Malaysia.

“Terima kasih buat seluruh atlet hari ini, atas perjuangannya hingga menjadi juara grup. Pertandingan kali ini menjadi pelajaran bagi seluruh atlet yg menang dan yg kalah. Hal ini utama bagi melangkah ke babak berikutnya,” kata chef de mission tim junior Indonesia, Achmad Budiharto.

Indonesia telah memastikan kemenangan pada partai keempat. Pasangan Bagas Maulana/Rinov Rivaldy menyumbangkan poin ketiga sebagai penentu, dengan mengalahkan Zi Heng Ooi/Wooi Yik Soh, 17-21, 21-13 dan 21-18.

Poin pertama disumbangkan oleh Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu. Mereka menaklukkan Tang Jie Chen/Ee Wei Toh, 22-20 dan 21-13.

Tim junior Indonesia cuma kehilangan poin di pertandingan kedua. Dimana Chico Aura Dwi Wardoyo, tidak dapat mengatasi Zii Jia Lee. Chico mengaku tidak dapat mengeluarkan permainan terbaiknya dan selalu berada di bawah kendali permainan lawan.

Hasil menggembirakan tiba dari tunggal putri, Gregoria Mariska. Gregoria yg berhadapan dengan Goh Jin Wei, awalnya diperkirakan mulai sulit memberikan poin. Namun, Gregoria mematahkan hal tersebut. Ia justru bangkit setelah tertinggal di gim pertama dan merebut beberapa gim berikutnya.

“Gim pertama aku masih kebawa permainan saya. Pas poin-poin terakhir aku baru nemu bagaimana cara mengatasinya. Terus aku diberitahu pelatih bagi memaksakan reli di lapangan. Karena kalau reli dianya tak kuat. Jadi aku tahan terus, jangan ingin matiin lawan, tetapi tunggu dia mati sendiri. Pas gim ketiga ternyata dia habis,” jelas Gregoria.

Partai terakhir menurunkan ganda putri, Apriani Rahayu/Jauza Fadhilah Sugiarto. Penampilan Apriani/Jauza kali ini belum memperlihatkan performa terbaik. Mereka bahkan harus kalah di gim pertama dengan 17-21. Namun keberuntungan rupanya masih berpihak pada Apriani/Jauza.

Pasangan Malaysia, Goh Jin Wei/Thinaah M, menetapkan bagi mundur dari pertandingan. Goh Jin Wei yg sebelumnya bermain di nomor tunggal putri, mengalami cedera, dan tak mampu meneruskan laganya.

Hasil lengkap::
Rinov Rivaldy/Apriani Rahayu vs Tang Jie Chen/Ee Wei Toh 22-20, 21-13
Chico Aura Dwi Wardoyo vs Zii Jia Lee 10-21, 19-21
Gregoria Mariska vs Goh Jin Wei 18-21, 26-24, 21-15
Bagas Maulana/Rinov Rivaldy vs Zi Heng Ooi/Wooi Yik Soh 17-21, 21-13, 21-18
Apriani Rahayu/Jauza Fadhilah Sugiarto vs Goh Jin Wei/Thinaah M 17-21, mundur


Sumber:
http://olahraga.kompas.com/read/2016/07/10/22452521/kalahkan.malaysia.indonesia.juara.grup.